10 Macam Gudang Penyimpanan Berdasarkan Karakteristik

0 Comments
10 Macam Gudang Penyimpanan Berdasarkan Karakteristik

10 Macam Gudang Penyimpanan Berdasarkan Karakteristik

1. Gudang Penyimpanan Bahan Dasar

Jenis ruang penyimpanan ini digunakan untuk menyimpan bahan mentah yang pasti akan digunakan dalam kumpulan proses produksi. Biasanya tempat fasilitas penyimpanan berdekatan dengan fasilitas penanganan manufaktur. Produk disimpan seperti karet, bijih besi, serbuk pasir, agregat sebagai produk beton 10 Macam Gudang Penyimpanan Berdasarkan Karakteristik.

2. Penyimpanan Ruang Penyimpanan produk setengah jadi

Dalam proses produksi, ada sejumlah barang yang telah melalui prosedur produksi dari bahan mentah, tidak menjadi produk akhir tetapi akhirnya menjadi produk yang menopang berbagai proses manufaktur lainnya. Ada beberapa proses atau fase dalam prosedur produksi yang membutuhkan produk antara ini, termasuk:

– Prosedur intermediate, material setengah jadi dilakukan untuk prosedur berikut.
– Penangguhan, prosedur yang ditunda karena menunggu bahan setengah jadi.
– Personalisasi, prosedur yang mengidentifikasi produk dengan hal yang sama, biasanya karena permintaan dari pelanggan
– Sub-rakitan, proses membangun barang setengah jadi

Beberapa contoh yang dilakukan di gudang di mana barang setengah jadi disimpan meliputi:

– Lakukan pemuatan / pengemasan produk
– Mengklasifikasi. Misalnya, menawarkan tag bahasa Indonesia pada setiap barang impor yang masuk ke Indonesia
– Proses merakit komputer, seperti mengatur kartu grafis, mengatur memori.
– membanded atau melakukan bundling produk untuk tujuan promosi, misalnya kontras 5 sabun dan menambahkan satu sampo sampo contoh sebagai promosi untuk sampo.
– Termasuk produk yang menentukan untuk suatu bangsa. Misalnya, peralatan digital global yang memiliki saluran listrik yang memiliki konektor dengan kriteria berbeda dari satu negara ke negara lain, sebagai akibat dari penambahan saluran listrik di negara tempat peralatan digital akan dibubarkan.
– Menyediakan perangkat tambahan khusus untuk produk tertentu, misalnya peningkatan embosses pada perumahan di produk ponsel

3. Gudang untuk Pembuatan Ruang Penyimpanan Produk

Kualitas gudang ini tetap dalam bentuk barang yang dibuat yang disiapkan untuk dipasarkan / didispersikan di seluruh konsumen. Fasilitas penyimpanan ini adalah lokasi ruang penyimpanan yang berfungsi sebagai penyangga atau pasokan keamanan permintaan pasar untuk produk akhir ini.

4. Fasilitas penyimpanan sebagai pusat konsolidasi utang dan Transportasi

Ruang stok ini akan mendapatkan hal-hal yang berbeda dari banyak awal, setelah itu prosedur penggabungan pasti akan selesai untuk dikirim ke pelanggan atau dikirim untuk melanjutkan proses pada jalur produksi lainnya.

5. Fasilitas penyimpanan sebagai fasilitas transhipment

Gudang ini pasti akan menerima barang dalam jumlah sangat besar, juga dari banyak vendor. di fasilitas penyimpanan ini, prosedur pemasangan / penyebaran produk ke dalam jumlah yang lebih kecil akan dilakukan dan juga proses pengiriman produk ke banyak lokasi akan dilakukan.

10 Macam Gudang Penyimpanan Berdasarkan Karakteristik

6. Fasilitas penyimpanan yang beroperasi sebagai cross docking

Fasilitas penyimpanan semacam ini dilihat sebagai stockroom yang paling dapat diandalkan dan memiliki respon yang cepat dalam mengelola transfer barang.
Atribut fasilitas penyimpanan ini adalah produk pasti akan disimpan dengan cepat. Hari itu tiba dan hari itu pasti akan dikirim lagi. Biasanya ditentukan oleh proses pengisian barang dari kendaraan ke truk lain.
Namun aplikasinya sulit. Ada sejumlah kebutuhan untuk memastikan bahwa proses cross docking dapat berjalan, sebagai contoh, setiap produk perlu diidentifikasi dan siap untuk dikirim 10 Macam Gudang Penyimpanan Berdasarkan Karakteristik.
Beberapa kendala melakukan cross-docking terdiri dari:
– Kesiapan bantuan dari Sistem Manajemen fasilitas Penyimpanan (WMS).
– Anda harus mempertimbangkan bagaimana sistem mengatur kualitasnya.
– Pastikan bahwa aktivitas cross-docking dapat diselesaikan dan partisipasi dan dukungan diperlukan dengan distributor dan juga operator.
Beberapa produk yang sesuai untuk prosedur cross-docking seperti buah, sayuran, daging dan juga ikan dilakukan.

7. Gudang sebagai fasilitas penataan

Gudang dengan karakteristik seperti ini biasanya digunakan oleh bisnis yang mengirim surat, parsel atau perusahaan penyewaan palet yang melakukan distribusi pallet ke lokasi yang berbeda.

Prosedur awal barang pasti akan dikumpulkan di fasilitas pengaturan, setelah itu prosedur pengaturan dilakukan berdasarkan kode pos atau berdasarkan zonasi.
Setelah proses pengaturan selesai, produk-produk yang benar-benar telah dikumpulkan pasti akan dikonsolidasikan dan dijalankan berdasarkan area distribusi.
Beberapa pusat pengaturan telah menggunakan otomatisasi untuk membantu prosedur penyortiran.

8. Pemenuhan Stockroom

Gudang ini dibuat untuk menangani pengiriman barang dalam jumlah besar. Sebagai contoh gudang disimpan oleh perusahaan e-commerce.

9. Gudang yang digunakan untuk prosedur logistik terbalik

Gudang ini dimanfaatkan untuk menyimpan pengembalian atau item yang tidak berfungsi. Proses yang dilakukan di gudang ini seperti prosedur pemeriksaan pengembalian barang atau kesalahan, proses pengemasan ulang, prosedur servis perbaikan, mengambil beberapa bagian produk yang dirugikan untuk digunakan kembali atau menghancurkan barang atau barang yang rusak 10 Macam Gudang Penyimpanan Berdasarkan Karakteristik.

Di atas itu ada tambahan stockroom logistik reverse yang menawarkan untuk menyimpan serta mengelola perangkat kemasan produk atau untuk merawat palet. Di industri makanan, misalnya, ada perusahaan jasa logistik yang menggunakan cuci serta pembersihan alat-alat makanan sebelum barang dapat digunakan kembali.

10. Gudang untuk kepentingan umum

Seiring dengan gudang komersial, ada juga fasilitas penyimpanan yang ditangani oleh negara. Misalnya gudang Bulog untuk menyimpan beras, gudang militer atau fasilitas penyimpanan untuk menyelamatkan hal-hal pengentasan bencana.
Produk yang disimpan seperti attires, perangkat tempat kerja, sistem komputer dan juga perangkat lunak digunakan. Manajemen gudang untuk kepentingan publik dapat dijaga oleh negara atau dikelola oleh perusahaan pihak ketiga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *